Museum Baru di Makkah Taruh Cerita Rasulullah serta Teman dekat

Museum Baru di Makkah Taruh Cerita Rasulullah serta Teman dekat




Perjuangan beberapa teman dekat Nabi Muhammad SAW mendapatkan tempat spesial di Museum Ashaabee dekat Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Harus didatangi nih.

Ashaabee dalam bahasa Arab bermakna teman dekat. Sesuai dengan namanya museum ini memang spesial diperuntukkan jadi napak tilas perjuangan beberapa teman dekat yang berusaha bersama Nabi Muhammad SAW dalam meningkatkan Islam.

Mengenai yang masuk kelompok Teman dekat Nabi ialah mereka yang kenal serta lihat langsung Nabi Muhammad SAW, menolong perjuangannya serta wafat dalam kondisi muslim.

Kembali pada masalah Museum Ashaabee. Tempat ini sebenarnya baru saja dibuka, baru ingin berusia dua bulan. Ya, pembukaannya memang seperti disengaja untuk menyongsong musim haji.

Saat detikcom bertandang, Museum Ashaabee memang jadi satu diantara arah wisata favorite beberapa jamaah, lebih buat jamaah Indonesia. Tempatnya juga dekat sama Masjidil Haram, tinggal jalan kaki seputar 5 menit mengarah Jawa barat Omar.

Ada 10 ruang yang ada di Ashaabee. Museum ini tidak begitu besar. Tetapi, dari 10 museum mempunyai jalan cerita yang berlainan serta sama-sama berkaitan.

Perjalangan pengunjung diawali dari kehidupan Nabi Muhammad di Makkah serta hubungan dengan beberapa teman dekat. Lalu bersambung dengan narasi pindah, dimana terlebih dulu dikisahkan bagaimana pengorbanan Abu Bakar Ash Shiddiq waktu temani Rasullulah bersembunyi di Gua Tsur waktu menghindar dari perburuan golongan Quraisy

Tidak hanya narasi perjuangan teman dekat Nabi, di museum ini pengunjung dapat juga lihat beberapa gambar menarik. Dari mulai keadaan kota Makkah serta Masjidil Haram di jaman Rasulullah, tempat tidur Nabi, photo Gua Tsur, tiruan rumah beberapa teman dekat di Madinah sampai rute pindah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW.

Diluar itu, beberapa teman dekat diceritakan berbentuk video di ruang ala teater. Terhitung beberapa peninggalan-peninggalan beberapa teman dekat seperti prasasti, beberapa alat yang digunakan oleh teman dekat seperti alat minum serta yang lain dapat juga pengunjung lihat di sini melalui gambar yang disediakan.

Oh ya, di sini yang menarik ialah diterangkan juga asal mula empat Imam mazhab yang sampai kini kita tahu: Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Hambali serta Imam Syafi'i

Jamaah Indonesia Gratis 

Muhamad Yusuf Hamdani, Pemandu di Museum Ashaabee menjelaskan, arah museum ini memang spesial untuk memberi info lebih pada golongan muslimin sekitar teman dekat Nabi dan bagaimana narasi perjuangannya.

"Sampai kini yang kita ketahui banyak beberapa hal yang terkait dengan Nabi Muhammad, baik itu tulisan, melalui museum dan sebagainya. Nah, sesaat beberapa hal yang terkait dengan teman dekat Nabi belumlah ada, dari sinilah faksi museum membuat satu tempat yakni museum teman dekat Nabi yang saat ini terletak di samping Masjidil Haram di Mekah Al Mukaromah," jelas Hamdani waktu didapati media.

Mengenai teman dekat yang diangkat di museum ini diantaranya ke empat Khulafaur Rasyidin: Abubakar, Umar, Utsman serta Ali. Ada pula sisi narasi dari Bilal bin Rabah, pengorbanan Ammar bin Yasir serta keluarganya dan teman dekat nabi yang di Madinah seperti Salman Al Farisi serta masih banyak.

"Jumlahnya pengunjung Museum Ashaabee /hari dapat sampai 3.000 orang. Keseluruhan selama ini, jamaah Indonesia sendiri sepanjang musim Haji ini dari pertama pembukaan telah seputar 10.000 orang yang bertandang," lanjut Hamdani.

Nah, sepanjang musim haji ini Museum Ashaabee digratiskan spesial pengunjung Indonesia serta Malaysia. Sesaat jika pada hari biasa harga tiketnya 15 riyal (Rp 57 ribu) per orang, serta jika rombongan di atas 50 orang per orangnya 10 riyal (Rp 38 ribu).

Jika kelak traveler pergi umrah atau haji, Museum Ashaabee dapat jadi tempat baru untuk didatangi di celah pekerjaan beribadah. Jangan lewatkan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar